Today : Sat, 21 Oct 2017
 
LAUNCHING IN
HARI
JAM
MENIT
DETIK

Acara Kegiatan MusrenBang Revisi RPJMD Kab. Bolaang Mongondow Selatah Tahun 2016 sd 2021  Post By jeffy   15/05/2017 - 6 bulan lalu

Hari ini kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan revisi peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang  rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2016-2021 dilaksanakan di Aula lantai III Kantor Bupati Kab. Bolsel. 

Penyelenggaraan Musyawarah Revisi RPJMD dilaksanakan guna membahas dan menyepakati rencana revisi RPJMD yang nantinya menjadi pedoman, acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan RKPD,Renja SKPD, KUA-PPAS, yang penjabaranya dalam program/kegiatan tahunan perangkat daerah.

Tujuan penyelenggaraan Musrembang penyusunan revisi RPJMD ini meliputi:

  • Penyesuaian nomenklatur perangkat Daerah, tujuan, sasaran dan target Tahunan dan target 5lima tahun daerah;
  • Penyelarasan tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah untuk mencapai visi dan misi daerah;
  • Penajaman program pembangunan jangka menengah daerah;
  • Klarifikasi dan penajaman tahapan dan prioritas pembangunan jangka menengah daerah, dan
  • Membangun komitmen bersama antara pemangku kepentingan ontuk mempedomani RPJMD dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Perencanaan pembangunan daerah dirumuskan secara transparan, responsif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan  dan berwawasan lingkungan.

Pendekatan perencanaan pembangunan daerah menggunakan pendekatan teknokratis, partisipatif, politis dan dari atas ke bawah juga dari bawah keatas.

Dokumen rencana pembangunan daerah lima tahun. Berisi penjabaran visi dan misi dan program bupati dan wakil bupati terpilih. Memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program perangkat daerah,  lintas satuan kerja perangkat daerah, dan program kewilayahan. Dan juga disertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Peserta musrembang terdiri dari para pimpinan dan anggota DPRD Kab.Bolsel, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Kab.Bolsel,Sangadi, Akademisi, LSM/Ormas, Tokoh masyarakat, Tokoh perempuan, pengusaha, insan pers media cetak dan elektronik dengan jumlah kurang lebih 175 orang.

Dalam sambutanya wakil bupati mengajak para kepala perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten bolaang mongondow selatan punya keperdulian pada daerah  untuk bersatu padu bekerjasama, bersinergi, bahu-membahu bekerja keras untuk menyukseskan program-program yang telah dirumuskan dan disepakati bersama yang nantinya ditetapkan dengan perda tentang RPJMD perubahan kab.bolsel tahun 2016-2021, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar - besarnya bagi masyarakat bolsel khususnya dan rakyat indonesia umumnya.