Today : Sat, 21 Oct 2017
 
LAUNCHING IN
HARI
JAM
MENIT
DETIK

Bupati Hi. Herson Mayulu, S.IP Hadiri Pencanangan BBGRM ke-XIV  Post By HUMAS   23/05/2017 - 5 bulan lalu

BOLSEL— Dalam Membangkitkan kembali semangat gotong royong, Bupati Hi Herson Mayulu (H2M) mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  ke XIV yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 tahun 2017 tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kegiatan yang dimotori Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD PP dan PA) yang bekerjasama dengan tim penggerak PKK Bolsel, dipusatkan di alun-alun ibu kota Kabupaten, di Desa Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa 23 Mei 2017.

Dalam Sambutannya Bupati Hi. Herson Mayulu, S.IP mengatakan, BBGRM dicanangkan dengan tujuan untuk mengajarkan dan mengukuhkan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat yang berlandaskan keswadayaan, sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita.  Tujuan lainnya, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan semangat dan jiwa gotong royong yang mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang moderen,”.

Tidak mudah melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong di tengah-tengah kehidupan sekerang, yang semakin individualis dan kompetitif serta cederung lebih menonjolkan persaingan dari pada kebersamaan. “Tapi walaupun berat, harus kita lakukan dengan upaya-upaya seperti kegiatan pencanangan BBGRM,” kata bupati.

Bupati berharap, dalam membangun daerah ke depan harus dilakukan melalui cara musyawarah serta semangat gotong royong dalam bekerja. “Sifat ini yang sudah mulai hilang di tengah-tengah kita. Rasa bertanggung jawab bersama-sama itu sudah mulai pudar.

Sementara itu, berkaitan dengan HKG PKK ke 45 tahun 2017, bupati berharap keberadaan ibu-ibu PKK untuk turut terlibat dalam menyampaikan pentingnya penanganan gizi, penekanan angka kematian ibu dan anak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peran PKK. “Tentu dengan tidak mengesampingkan perhatian terhadap keasrian dan kebersihan di halaman masing-masing.

BBGRM tahun ini mengangkat tema "Melalui BBGRM kita sukseskan program pemerintah daerah ODSK (operasi daerah selesaikan kemiskinan)". Tujuannya kembali mengingatkan dan menumbuhkembangkan semangat jiwa gotong royong baik di bidang pendidikan, pemerintahan hingga kemasyarakatan. “Jadi BBGRM ini, merupakan kegiatan tahunan tingkat nasional, provinsi maupun daerah,”

usai pencanangan oleh Bupati, acara dilanjutkan dengan pagelaran berbagai kegiatan termasuk yang dilombakan. Di antaranya, pengukuhan forum  anak daerah, penyerahan bantuan kepada kelompok tani dan nelayan. Lomba menu serba ikan, lomba menu B2SA dan lomba merangkai holtikultura dan festival kuliner serta lomba defile yel-yel PKK. Selain itu, digelar juga lomba penyuluhan Narkoba, lomba penyuluhan KDRT, lomba penyuluhan PHBS dan pengobatan gratis serta pemasangan KB gratis. (admin)