Today : Mon, 23 Apr 2018

Sekda Bolsel Ikuti Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi  Post By bolsel   12/02/2018 - 2 bulan lalu

BOLAANG UKI, BOLSELKAB -  Hari ini Kamis (8/2), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Unit Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di ruang Tumbelaka Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Marzansius Arvan Ohy, Asisten III, Inspektur, Kaban Bappelitbangda, Kaban PKPD, Kepala Dinas Perizinan, Kepala Dinas Infokom, Kabag PBJ, Kabag Hukum, dan Unsur Badan Kepegawaian.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pencegahan KPK Wilayah Sulawesi Tri Gamerefa, dan Ketua Tim Pencegahan Sulut, Muh Indra Furqon.

Dijelaskan oleh Tim Korsupgah KPK, dalam kegiatan ini akan dilakukan pendampingan kepada kabupaten/kota se – Provinsi Sulut dengan tujuan pencegahan korupsi dan mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.

Mereka (KPK) akan melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) termasuk Kabupaten Bolsel yang merupakan wujud nyata dalam mendukung pemberantasan korupsi yang dinilai melalui Penerapan Perencanaan (e-planning), Pengelolaan Anggaran dan Barang Milik Daerah (e-budgeting).

Kemudian pengadaan Barang Jaza, Perizinan, Kompetensi APIP, Pengembangan Teknologi Aplikasi dan Infrastruktur, Pengelolaan Dana Desa, dan Pelaporan LHKPN.

“Dalam Rakor ini KPK menyoroti tata kelola sejumlah bidang, seperti perencanaan dan pengelolaan anggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan perizinan, penguatan inspektorat daerah, manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Sekda.

Kemudian pengawalan Dana Desa (Dandes), pendapatan daerah, pengelola aset daerah, tata kelola sumber daya alam, serta sektor strategis lainnya.

Setelah Rakor selesai, akan ada rencana aksi yang terprogram dan terukur untuk dilaksanakan oleh kabupaten/kota. Selain itu KPK juga akan melakukan pendampingan dan pemantauan secara berkala.

“Ini sebagai wujud komitmen pemberantasan korupsi akan dilakukan penandatanganan Komitmen Pemberantasan Korupsi antara KPK dan Kepala Daerah yang akan dijadwalkan pada tanggal 21 Pebruari 2018,” tukas Sekda. (Jaz)

sumber : https://tomini.news/2018/02/08/sekda-bolsel-ikuti-rakor-pemberantasan-korupsi-terintegrasi/