Today : Thu, 18 Oct 2018

Wakil Bupati Iskandar Kamaru Hadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan  Post By bolsel   12/02/2018 - 9 bulan lalu

BOLAANG UKI, BOLSELKAB – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Rikson Paputungan, dan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Rante Hattani, menghadiri kegiatan rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun acara tersebut dilaksanakan di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Depok Jawa Barat Rabu (7/2) pukul 11.00 WITA dan ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi yang penting diantaranya ketersediaan, peningkatan profesionalisme, dan perlindungan serta penghargaan bagi guru.

“Satu diantaranya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) perlu bekerja sama mempercepat terbitnya regulasi yang lebih teknis tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenuhi kebutuhan guru melalui pengangkatan guru baru,” ujar Kamaru.

Kemudian koordinasi dan harmonisasi dalam pembuatan regulasi tentang pembagian kewenangan dan pembiayaan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru berdasarkan pemetaan dan analisis kebutuhan pelatihan guru.

“Baik itu guru berstatus ASN maupun yang bukan ASN,” ujar Kamaru.

Selain itu ditekankan bahwa Pemda perlu membuat aturan hukum terkait perlindungan dan penghargaan guru. Perlu adanya peganggaran oleh perintah pusat dan daerah dalam pelaksanaannya sehingga dapat mengoptimalkan peran satuan pendidikan.

“Terutama menjamin keamanan serta kenyamanan guru dalam melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

Perlu diketahui ada juga materi tentang pembiayaan pendidikan dan kebudayaan oleh pemerintah daerah, dan sebagainya yang terbagi dalam beberapa kelompok.

“Pada intinya materi yang didapatkan sangat berguna untuk pengembangan di bidang pendidikan, yang nanti akan diterapkan di Bolsel,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Bolsel, Rikson Paputungan.

Tambahnya bahwa kedepan ada program pemerintah membangun pendidikan dari daerah pinggiran, dan Bolsel satu diantaranya yang berada di ujung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (Jaz)

Sumber : https://tomini.news/2018/02/08/kamaru-hadiri-rembuk-nasional-pendidikan-dan-kebudayaan/