Today : Fri, 17 Aug 2018

“Gadgetmu Harimaumu”  Post By admin   22/03/2018 - 5 bulan lalu

Ilustrasi

Dalam bermedia sosial sudah seharusnya bersikap arif dan bijak sehingga tidak merugikan orang lain, mencemarkan nama baik, menghina, menyebarkan berita bohong, meyesatkan dan mengancam dengan kekerasan.

Dalam bermedia social harus berhati-hati jangan sampai mencemarkan nama baik orang lain. Yang disebut mencemarkan nama baik orang lain adalah orang yang dituju merasa terhina, lalu yang terhina ini bisa melaporkan atau disebut namanya pengaduan,

Pencemaran nama baik dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE menyatakan, orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan atau mentransmisikan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik.

Apa sih pencemaran nama baik itu? Yaitu ada korban yang merasa malu, lalu korban tersebut membuat pengaduan kecuali terhadap pegawai negeri yang menjalankan pekerjaanya yang sah. Objek penghinaan adalah perseorangan, dilakukan dengan menuduh seseorang melakukan suatu perbuatan dengan maksud tuduhan tersiar (diketahui oleh orang banyak).

Tidak hanya pencemaran nama baik saja yang dapat terjerat hukum dalam bermedia sosial, yaitu berita bohong dan menyesatkan yang merugikan konsumen di atur pada Pasal 28 (1) UU ITE dan Pasal 10 UU Perlindungan Konsumen.

Pasal 28 ayat (1) UU ITE ini ditujukan untuk menghindari penipuan, terutama terhadap pihak-pihak yang menggunakan identitas secara anomi atau alias (pseudo). Ini merupakan delik aduan dan delik materil.

Tidak hanya itu tetapi juga menyebarkan informasi dengan menimbulkan kebencian pada kelompok tertentu dalam arti ada unsur muatan sara, ini diatur pada Pasal 28 (2) UU ITE. Untuk ancaman kekerasan dan menakut-nakuti di media sosial juga diatur dalam Pasal 29 UU ITE.

Agar masyarakat tidak takut terjerat hukum karena bermedia sosial,caranya dengan lebih peka terhadap kasus-kasus hukum yang telah terjadi selama ini, serta harus lebih awareness di media sosial dan harus tahu bahwa norma hukum itu ada pada cyberspace.

Tips Menggunakan Medsos agar Terhindar dari Risiko Hukum:

1. Pahami regulasi yang ada.
2. Tegakan etika ber-media sosial.
3. Cek terlebih dahulu kebenaran informasi yang akan dibagikan (share) ke publik.
4. Lebih berhati-hati bila ingin memposting