Today : Sun, 23 Sep 2018

Kehadiran H2M Bersinar Meriahkan Festival Gebyar Ketupat di Sondana  Post By Jun1   23/06/2018 - 3 bulan lalu

BOLSEL-Kehadiran Bupati Haji Herson Mayulu dan Wakil Bupati Iskandar Kamaru (H2M Bersinar), menambah meriahnya perayaan Festival Gebyar Ketupat di Desa Sondana, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jumat (22/6/18).

Seluruh pandangan tertuju kepada kedua pimpinan daerah yang datang kompak menggunakan kemeja batik berwarna merah, ditemani kopiah hitam, dan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzansius Arvan Ohy.

Kekuatan kedua pimpinan daerah ini terlihat saat ribuan masyarakat berdesak-desakan hanya untuk memberikan salam sebab menepati janji untuk berpesta bersama dengan rakyatnya.

Acara tersebut diawali dengan doa, kemudian laporan kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Resly Paputungan, tarian Mopotilro, dan hikmah halal bihalal oleh Ustadz Moh Saleh Kahimpong.

Sementara itu Herson, dalam sambutannya mengatakan, Bolsel sebagai daerah yang baru banyak mencari terobosan khususnya dalam pengembangan wisata.

“Selama ini yang dikembangkan di Bolsel adalah wisata bernuansa religi,” ujarnya.

Kata dia, Gebyar Ketupat sendiri, merupakan tradisi masyarakat Bolsel yang dirayakan pada enam hari sesudah perayaan Idul fitri dan dijadikan oleh pemerintah daerah sebagai agenda rutin tahunan.

 

Selain Gebyar Ketupat kata dia, ada beberapa festival yang telah menjadi agenda rutin daerah, diantaranya Festival Teluk Tomini (FTT), Tolrangka, dan lain sebagainya.

“Setelah ini ada festival baru yang kita agendakan yaitu Festival Paka-Paka Omba,” ujarnya.

Dibalik itu Om Oku, sapaan akrabnya, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, selalu memberikan support positif akan keberlangsungan agenda-agenda wisata di Bolsel.

“Penyelenggaraan kegiatan seperti ini sangat baik dan kami sambut positif,” ujar Ferry Sangian, Kepala Dinas Kebudayaan Sulut menanggapi penyampaian Bupati.

Begitu juga dengan agenda terbaru yaitu Festival Paka-Paka Omba yang sedianya akan dilaksankan para peringatan hari ulang tahun daerah. Dia sendiri bahkan telah memiliki falsafah tersendiri memandang kejutan-kejutan baru seperti itu.

“Berikan pancingan dan kail kepada masyarakat bukan meminta ikan,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, H2M didampingi beberapa petinggi daerah mencicipi seluruh sajian ketupat yang disajikan oleh seluruh desa se-Bolaang Uki dan beberapa desa di kecamatan lainnya.

Om Oku, terlihat begitu bahagia dan gembira, masyarakat pun larut dalam kegembiraan tersebut. Meja demi meja disambanginya hanya untuk merasakan nikmatnya kuliner buatan rakyat Bolsel.

Perlu diketahui acara ini dihadiri oleh Asisten 1 Alsyafri Kadullah, Kadis Pariwisata Bolsel Resly Paputungan, Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Ferry Sangian, Kapolsek Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin, Danramil 1303-06 Kapten Abdul Kadir Sampir. (El)

Sumber : tomini.news