Today : Thu, 18 Oct 2018

H2M Lantik 5 Sangadi di Helumo  Post By @admin   27/07/2018 - 3 bulan lalu

BOLSEL-Setelah melantik dua Sangadi (Kepala Desa) di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng) dan satu di Kecamatan Posigadan, pada Selasa (23/7/18) Bupati Haji Herson Mayulu (H2M), kembali melantik lima sangadi di Kecamatan Helumo.

Seperti yang diketahui lima orang tersebut, terpilih dalam pemilihan sangadi (Pilsang) serentak di 16 desa, pada awal Juni 2018 lalu.

Lima sangadi tersebut di antaranya, Sangadi Biniha Zulkifli Latembo, Biniha Timur Idris Badaman, Duminanga Hajar Laiya, Soputa Umar Basalamah, dan Pangia Suleman Paputungan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah lima kepala desa tersebut dihadiri oleh para pimpinan OPD, perwira penghubung, kapolsek urban Bolaang Uki, camat, sangadi dan masyarakat setempat.

Bupati, dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada kelima pejabat tersebut.

“Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan selamat kepada kalian. Sumpah yang telah diucapkan harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan yang Maha Esa Allah SWT ,” kata Bupati.

Menurut H2M, Sangadi adalah perpanjangan tangan pemerintah di tingkat desa. Sebagai pemerintah desa, harus melaksanakan segala ketentuan perundang-undangan dan aturan yang berlaku.

Sangadi dituntut memiliki pengetahun lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Sebagai pemimpin desa, harus mampu menggerakkan masyarakat menjadi aktor pembangunan yang berbudi luhur, bertanggungjawab dan peka terhadap dinamika di desa,” ujar bupati.

Selain itu katanya, sangadi terpilih harus mampu mempersatukan semua elemen masyarakat, yang berbeda pilihan.

“Rangkul semua rakyat dan berikan pelayanan terbaik kepada masyakat tanpa pendang bulu. Tidak ada lagi kata pendukung dan bukan pendukung,” ujarnya.

“Perbedaan pilihan itu adalah wujud dari demokrasi, saat dilantik semua masyarakat sudah menjadi tanggungjawab anda,” tambahnya.

Selain itu H2M, juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan penjabat sangadi yang telah sukses melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa.

“Kepada Sangadi lama saya ucapkan terima kasih. Untuk sangadi baru, segera menyesuaikan diri dan menguasai wilayah administrasi desa yang dipimpin dan tetap lanjutkan program yang sudah berjalan,” ujarnya.

Perlu diketahui, sangadi terpilih di 16 desa dilantik per Kecamatan secara bertahap. Sejumlah desa di gelar pelantikan, karena SK jabatan sangadi lama ada yang berakhir pada September.

Sumber : tomini.news