Today : Tue, 18 Jun 2019

Bupati Bolsel Sambut Baik Kehadiran BKSUA Sulut, Ini Pesannya  Post By @admin   05/09/2018 - 10 bulan lalu

BOLSEL - Kehadiran Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSUA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) disambut baik oleh Bupati Haji Herson Mayulu (H2M) dan Wakil Bupati Iskandar Kamaru serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Abdi Van Gobel, Selasa (4/9/18).

Kunjungan BKSUA menghadirkan Kyai Haji Abdul Wahab Abdul Gafur, Andnan Mandiri, Suryo, Ridwan Sofian, Pendeta Lisye M Tamuntuan, Pendeta Jen Woy, Ansye Revny Lumentut, Bambang Sumpeno, Anitje Labang, dan Ritta Lontoh.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan, kehadiran BKSUA di Bolsel adalah sebuah kebahagiaan tersendiri, apalagi dipertemukan dalam suasana yang penuh kebersamaan.

Selain itu kehadiran para pemersatu umat beragama ini adalah bentuk penghargaan bagi pemerintah dan masyarakat agar terus rukun dan damai melalui pembinaan dan pembangunan nilai-nilai religius.

“Semua diwujudnyatakan melalui Program Ibadah Subuh Bersama (PISB) bagi seluruh pemeluk agama di daerah ini,” ucap Bupati.

Sebagai daerah yang religius, cinta perdamaian, dan rukun, semua diwujudnyatakan lewat pembangunan tiga sarana ibadah yang berdiri berdampingan diantarannya Masjid, Gereja, dan Pure, di komplek perkantoran bupati di Panango.

“Saat ini pembangunan Islamic Centre sementara berlangsung akan dilengkapi dengan perkantoran untuk organisasi lintas keagamaan,” jelas Bupati.

Om Uku, sapaan akrabnya berharap, Bolsel akan menjadi laboratorium kerukunan umat beragama di provinsi nyiur melambai dan akan menjadi tugas tagunggug jawab bersama menjaga kerukunan ini.

“Kiranya atmosfer kerukunan yang ada di Bolsel akan memberikan nuansa dan semangat baru bagi kita sekalian dalam pengembangan kehidupan rukun dan damai antar umat beragama di Provinsi Sulut,” ujarnya.

Berbicara tentang kerukunan hidup antar umat beragama, Bolsel telah mengimplementasikannya melalui visi dan misi mewujudkan Bolsel yang religius, berbudaya, bermartabat, maju, dan sejahtera.

“Khususnya dalam upaya mengentalkan nilai-nilai kereligiusan yang dibingkai dengan peran aktif serta wujud nyata kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Bolsel dibawah kepemimpinan H2M Bersinar memperoleh prestasi sebagai daerah inovatif dalam bidang sosial budaya dalam ajang anugerah kepala daerah inovatif 2018 di Kota Makassar.

“Ini patut kita syukuri,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua Presidium Kyai Haji Abdul Wahab Abdul Gafur, mengatakan, Bolsel adalah contoh bagi daerah yang lain dimana selalu menjaga kerukunan umat beragama.

“Saya mengapresiasi, masih muda tapi sudah bisa bersaing dengan daerah lain,” puji Gafur.

Kata dia, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama membentuk badan kerjasama seperti BKSUA dan apa yang dilakukan oleh pemerintah Bolsel patut diapresiasi.

“Tugas kita mengawasi kerukunan antar umat beragama, mengawal toleran, dan memberangi radikalisme termasuk terorisme,” jelasnya.

Selain koordinasi BKSUA antar kabupaten/kota, kunjungan perdana tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi apalagi Bupati Bolsel adalah Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Sulut. (El)

Sumber : tomini.news