Today : Sun, 23 Sep 2018

Bupati Bolsel Ajak Ormas Islam Perekat Ukhuwah Wathaniyah  Post By @admin   10/09/2018 - 2 minggu lalu

BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu didampingi Wakil Bupati Iskandar Kamaru dan para pimpinan SKPD menghadiri undangan pertemuan Himpunan Ukhuwah Islamiah Ilomata Gorontalo se- Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang dilaksanakan di Grand Fajar Soguo Minggu (9/9/2018).

Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu saat memberikan sambutan pertemuan Himpunan Ukhuwah Islamiah Ilomata Gorontalo se- Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang dilaksanakan di Grand Fajar Soguo Minggu (9/9/2018).

Dalam pertemuan itu berlangsung penuh kekeluargaan antara pimpinan wilayah HUI Ilomata Gorontalo Idrus Nusi yang didamping Ustaz Aprianto Yakin.

Bupati dalam sambutannya berharap lewat organisasi ini kita semua dapat meningkatkan serta memantapkan hubungan ukhuwah Islamiah, hubungan insaniah atau hubungan antar sesama manusia, dan ukhuwah wathaniyah atau hubungan satu kesatuan republik Indonesia.

Menurut H2M julukan Hi Herson Mayulu, realitas Indonesia sebagai bangsa yang plural merupakan sebuah fitrah yang harus disyukuri keberadaanya.

Kekayaan akan khazanah budaya, agama, ras, bahasa dan lainnya merupakan bukti bahwa manusia memiliki keanekaragaman dan memang harus hidup dalam kemajemukan.

Ukhuwah Islamiyah kata Bupati, dalam hal kehidupan manusia merupakan modal untuk melakukan pergaulan sosial sesama umat Islam. Dengan modal ini, maka perbedaan-perbedaan yang tidak prinsip antar umat Islam tidak perlu menjadi perpecahan.

Prinsip ukhuwah ini menjadikan hubungan antar sesama umat Islam menjadi harmonis dan mampu menjadi sebuah kekuatan besar untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Islam.

“Ukhuwah Islamiyah menjadi sebuah ikatan, tidak saja secara emosional, namun juga secara sprititual,” jelasnya.

Ukhuwah wathaniyah lanjut Ketua DPC PDIP Bolsel ini, dalam kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara merupakan modal dasar untuk melakukan pergaulan sosial dan dialog dengan pelbagai komponen bangsa Indonesia. Yang tentu saja tidak terbatas pada satu agama semata. Namun lebih dari itu, ukhuwah wathaniyah adalah sebuah komitmen persaudaraan antar seluruh masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam agama, suku, bahasa dan budaya.

Ukhuwah wathaniyah tidak boleh tidak harus menjadi sebuah prinsip bersama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai dan saling menghargai satu sama lain.

“Hubungan persaudaraan ini merupakan kunci dari semua persaudaraan, terlepas dari status agama, suku bangsa atau pun skat geografis, karena nilai utama dari persaudaraan ini adalah kemanusiaan,” katanya.

 

Pimpinan HUI Idrus Nusi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi Pemkab Bolsel atas kerjasamanya sehingga acara pertemuan akbar Ilomata ini bisa terlaksana.

Penulis: Hasdy

Sumber: totabuan.co