Today : Fri, 16 Nov 2018

Haji Herson Mayulu Berikan Kuliah Umum Untuk Mahasiswa IAI Kotamobagu  Post By @admin   10/09/2018 - 2 bulan lalu

BOLSEL-Bupati Kabupaten Bolaang mongondow Selatan (Bolsel) Haji Herson Mayulu (H2M) memenuhi undangan Kampus Institute Agama Islam (IAI) Kotamobagu , Senin (10/9/18). Hal tersebut tidak lepas dari peranannya sebagai Tokoh Teoleransi dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Pimpinan (TUP) Cimmy Wua, bahwa pada kesempatan tersebut bupati memberikan kuliah umum tahun akademik 2018/2019 dengan tema ‘Memantapkan Imtaq dan Iptek sebagai model utama generasi muda dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan’.

Dalam kesempatan tersebut, bupati dua periode yang namanya terkenal di seantero Indonesia khususnya Sulut yang berhasil menerapkan visi religius, kerap diundang oleh berbagai masyarakat dalam berbagai kegiatan keagamaan, mengajak generasi muda untuk hidup seimbang.

“Iptek dan Imtag harus berbanding lurus atau sama-sama dikuasai,” jelas bupati didepan mahasiswa dan dosen IAIK saat membawa materi kuliah.

Kemudian terkait dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para aparatur desa, telah disampaikan jauh hari bahkan dari awal memimpin Bolsel bersama Wabup Iskadar Kamaru.

“Saya sering menegaskan, jika aparat desa wajib meningkatkan SDM atau upgrade ilmu. Hal ini berbanding lurus dengan tuntutan tanggung jawab. Apalagi saat ini desa dipercayakan mengelolah dana yang sangat besar, tentu membutuhkan SDM yang mumpuni,” ujar bupati.

Bupati berharap dengan adanya kerjasama tersebut, pembangunan di bidang pendidikan akan melejit jauh, sehingga Bolsel ke depan telah siap dengan sumber daya manusianya, untuk bisa bersaing di tingkat Nasional bahkan global.

“Tak menutup kemungkinan, di masa yang akan datang, dibutuhkan bukan lagi lulusan SMA sederajat melainkan lulusan Strata Satu. Untuk itu bagi sangadi dan aparat desa ambil peluang ini, berkompetisilah untuk menjadikan Kabupaten Bolsel lebih baik ke depan,” ujar bupati.

Usai memberikan materi, Om Oku, sapaan akrab bupati melanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak kampus dan Pemkab Bolsel sebagai tindaklanjut peningkatan SDM, khususnya bagi aparatur pemeritah desa se-Bolsel.

Dijelaskan, IAI merupakan Perguruan Tinggi Islam yang sudah berdiri di tahun ke tiga dimana proses perkuliahan seperti tahun sebelumnya dijadwalkan dari pagi dan sore hari seperti kampus ternama lainnya di Indonesia.

“Untuk tahun 2018 sudah dibuka juga perkuliahan bagi aparat desa kemudian diikuti sebanyak 38 mahasiswa/mahasiswi,” jelas Kabag menirukan penyampaian Bupati.

Senada diucapkan oleh Kabag Humas Setdakab Bolsel Ahmadi Modeong, hal ini sebagai wujud perhatian dan tanggung jawab seorang Om Oku untuk perkembangan dunia pendidikan di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Kuliah Umum ini Dihadiri oleh Rektorat dan Civitas Akademika IAI Kotamobagu, Asisten I Alsyafri Kadullah, Kepala DPMD Deky Paputungan, serta Aparat Desa se- Bolaang Mongondow Selatan,” jelasnya.

Sementara itu Rektor IAI Kotamobagu Muh Anthon Mamonto, memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Pemkab Bolsel.
Menurut Anthon, langkah yang telah Pemkab Bolsel ambil, merupakan prestasi daerah, serta keseriusan Bupati Hi Herson Mayulu, dalam membangun daerahnya.

“Kerjasama ini disamping untuk meningkatkan SDM Aparatur Desa, juga sebagai wujud nyata implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang Anthon. (El)

Sumber Berita : tomini.news