Today : Mon, 10 Dec 2018

PEMDA Bolsel Prioritaskan Pembangunan Jamban Sehat  Post By @admin   27/09/2018 - 3 bulan lalu

BOLSEL-Program pembangunan jamban sehat menjadi salah satu prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam rangka menurunkan angka kemiskinan serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Plh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, saat memimpin rapat evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa Perubahan (RAPBDes-P) di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) di Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (26/9/18).

“Diupayakan semua desa ditargetkan memiliki jamban. Nanti sumber dananya dari Dana Desa (DD) dan disinkronisasikan dengan program Pemerintah Provinsi Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),” jelasnya.

Selain bantuan jamban untuk masyarakat miskin, pembangunan fisik, juga bantuan untuk kelompok tani, ekonomi kecil, dan nelayan.

“Program-program pro rakyat harus di prioritaskan,” imbaunya didepan para sangadi (kepala desa).

Kamaru, mengapresiasi bagi seluruh desa yang mengusulkan program-program yang berpihak kepada masyarakat.

“Ditargetkan pada tahun 2021 seluruh masyarakat sudah memiliki jamban seiring dengan turunnya persentase angka kemiskinan,” jelasnya.

Plh Bupati, mengingatkan kepada warga yang masih suka buang air besar (BAB) di sungai untuk menghentikan aktivitas tersebut.

“Jangan buang air besar di sungai,” imbaunya.

Ungkapnya, seiring turun secara diam-diam untuk melihat apakah program yang disusun semua itu menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Dan saya mengapresiasi karena pemerintah dan BPD memasukan beberapa program yang bersentuhan dengan masyarakat,” tandasnya. (Jas)

Sumber Berita : tomini.news