Today : Mon, 10 Dec 2018

Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Anjab, ABK dan Evjab  Post By @admin   11/10/2018 - 2 bulan lalu

BOLSEL - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK), dan Evaluasi Jabatan (Evjab) tahun 2018.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Bolsel Iskandar Kamaru di Quality Hotel Manado, Rabu (10/10/18), dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, Asisten I Alsyafri Kadullah, dan 50 orang peserta.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS serta ketentuan lainnya.

 

Dibayarnya Peraturan Menpan RB Nomor 33 Tahun 2011 tentang pendoman Anjab, Permendagri Nomor 35 Tahun 2012 tetang Anjab di lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah (pemda), Permendagri Nomor 12 Tahun 2008 tentang pedoman ABK di lingkungan Kemendagri dan Pemda, Permenpan RB Nomor 34 Tahun 2011 tentang pedoman Evjab.


Semua ketentuan tersebut memberi isyarat bahwa setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan Anjab, ABK dan Evjab.


“Penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien menuntut menuntut profesionalisme sumber daya aparatur dalam pelaksanaan urusan pemerintahan,” kata Bupati dalam sambutannya.


Sementara yang terjadi saat ini, menurutnya belum sepenuhnya terwujud. Salah satu penyebabnya karena ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya. Kemudian pendistribusian pegawai yang belum mengacu pada kebutuhan nyata organisasi atau belum didasarkan pada beban kerja organisasi.


“Menumpuknya pegawai di salah satu unit sudah jelas merupakan merupakan kenyataan dari permasalahan tersebut,” kata Bupati yang baru saja dilantik oleh Gubernur Olly Dondokambey.


“Di sisi lain pembentukan organisasi cenderung tidak berdasarkan kebutuhan nyata. Organisasi yang dibentuk terlalu besar sementara beban kerjanya kecil,” terangnya.


Karena itu kata Bupati salah satu sasaran kegiatan ini dalam rangka melaksanakan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian, serta program pemdidikan dan pelatihan yang berbasis kinerja.


“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan penyusunan Anjab dan ABK ini dapat mewujudkan PNS yang berdayaguna dan berhasilguna untuk meningkatkan kemampuan seluruh perangkat daerah,” tutur Bupati.


Sekadar informasi, pembukaan kegiatan ini turut dihadiri Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Bolsel dan Tim Penyusun Anjab dan ABK Pemkab Bolsel.


Nara sumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), antara lain Ismail Fahmi dari Direktorat Kompensasi ASN bersama Fera Aprilisa dari Pusat Perencanaan Kepegawaian Formasi. (Jas)

Sumber Berita : tomini.news