Today : Fri, 16 Nov 2018

Bupati Bolsel Sambut Kajati dan Tim TP4D Dengan Adat Gorontalo  Post By @admin   19/10/2018 - 4 minggu lalu

BOLSEL-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, menyambut kehadiran Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) M Roskanaedi dan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) ke daerah yang dipimpin olehnya dengan adat Gorontalo.

Penyambutan yang meriah tersebut dilakukan di Kecamatan Tomini kemudian berlanjut dengan peninjauan proyek Nasional yaitu pembangunan jembatan di Desa Pakuku Jaya Kecamatan Tomini, Kamis (18/10/18).

Kepada insan pers, Kajati mengaku ini adalah kunjungan pertamanya atau perdana ke daerah yang dipimpin oleh Bupati Iskandar Kamaru di pesisir pantai selatan.

“Sambutan dan suprise untuk kami luar biasa apalagi waktunya sangat singkat,” kata dia.

Diungkapkan olehnya, selain untuk memeriksa hasil pembangunan berupa jembatan pihaknya juga menggelar sosialisasi TP4D.

“Jadi kunjungan ini kaitan dengan kegiatan TP4D untuk melihat langsung pembangunan jembatan di sini. Kebetulan sudah PHO,” jelasnya.

Kata dia, sekaligus menggelar sosialisasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Kami juga siap melakukan pembekalan kepada pihak Pemkab terkait TP4D ini,” kata Kajati.

Ditempat yang sama, Bupati Iskandar Kamaru, mengaku, sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada TP4D.

“Pemkab Bolsel akan kerjasama dengan TP4D terkait pelaksanaan proyek pembangunan pemerintah daerah, mulai perencanaan sampai dengan selesainya kegiatan,” ucap Bupati.

Kata orang nomor satu di Bolsel, pihak kejaksaan sudah menawarkan untuk melakukan pembinaan kepada pihaknya sampai ke tingkat pemerintah desa.

“Ini sangat baik dan akan ditindak lanjuti,” kata Kamaru pasti.
Apalagi kata Kamaru, melibatkan TP4D dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di daerah merupakan tindakan pencegahan korupsi.
“Dan ini sudah menjadi komitmen kami Pemkab Bolsel,” ujar Bupati.
Perlu diketahui pembentukan TP4D sendiri berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 01 Oktober 2015.
Kemudian dikeluarkan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor : INS-001/A/JA/10/2015 tentang Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Republik Indonesia, untuk ditindaklanjuti oleh segenap jajaran Kejaksaan diseluruh Indonesia. (El)
Kerjasama dengan TP4D merupakan komitmen Pemkab Bolsel dalam upaya pemberantasan korupsi. Berikut Tugas dan fungsi TP4D:
1. Mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan/        preventif dan persuasif baik ditingkat pusat maupun daerah sesuai wilayah hukum penugasan masing-masing.
2. Memberikan penerangan hukum dilingkungan Instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan pihak lain terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, perijinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan Negara.
3. Dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir.
4. Melakukan koordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan dan menimbulkan kerugian bagi keuangan Negara.
5. Bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan dan program pembangunan.
6. Melaksanakan penegakkan hukum represif ketika ditemukan bukti permulaan yang cukup setelah dilakukan koordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah tentang telah terjadinya perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan dan/atau perbuatan lainnya yang berakibat menimbulkan kerugian bagi keuangan Negara.

Sumber berita : tomini.news