Today : Mon, 10 Dec 2018

Festival Tolrangka 2018 di Bolsel Berlangsung Meriah  Post By @admin   21/11/2018 - 3 minggu lalu

BOLSEL-Festival Tolrangka, tahun 2018, di Desa Nunuka Raya Kecamatan Tomini, Rabu (20/11/18), berlangsung meriah. Ivent tahunan Pemkab Bolsel ini, digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW, 1440 Hijriyah sekaligus melestarikan nilai budaya.

 

Kegiatan dihadiri Bupati Iskandar Kamaru S.Pt, Ketua Tim Penggerak PKK Bolsel, Sekda Marzanzius Arvan Ohy S.STP, para asisten, perwira penghubung 1303, Kapolsek, anggota DPRD, pimpinan OPD, para ASN, para camat dan sangadi serta masyarakat, diawali dengan zikir bersama.

Bupati Iskandar Kamaru dalam sambutanya mengatakan, Festival Tolrangka sudah ke enam kalinya digelar di lokasi berbeda, sebagai implementasi visi misi daerah dan sebagai ajang promosi wisata.

“Ini kegiatan budaya yang berbalut religi. Kegiatan ini harus dilestarikan agar anak-anak kita bisa tahu dan kebudayaan lokal yang kita dimiliki tidak tergerus perkembangan jaman,” kata bupati.

Sesuai dengan tema kegiatan ‘Jadikan Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Muhammad Saw Sebagai Pijakan Melakukan Revolusi Mental dalam melaksanankan tugas’, bupati berharap kegiatan tersebut tidak hanya sebatas seremonial saja.

“Harus ada dampak positif dalam kegiatan ini. Masyarakat khususnya para ASN bisa meneladani Sifat-sifat rasulullah Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan tugas. Kegiatan ini juga sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT,” ujar bupati.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pawai Tolrangka yang juga dilombakan yang diikuti seluruh desa dan SKPD. Dalam lomba, panitia menilai kreatifitas menata tolrangka, keragaman kue tradisional dan pakaian tradisional pendamping.

Diketahui, Festival Tolrangka digelar sejak masa kepememimpinan Haji Herson Mayulu SIP sebagai Bupati Bolsel selama dua periode. Tolrangka diambil dari baha Bolango dan dalam bahasa Gorontalo-nya adalah Tolangga. (Jas/adv)

 

Sumber berita : tomini.news