Today : Tue, 19 Mar 2019

Diskominfo Terima Piagam Penghargaan Keterbukaan Informasi Lembaga Publik  Post By @admin   14/12/2018 - 3 bulan lalu

BOLSEL -- Berbagai prestasi diukir oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) di penghujung tahun 2018. Kali ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menerima piagam penghargaan ‘Award Keterbukaan Informasi Lembaga Publik’.

Penghargaan tingkat kota/kabupaten se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini diterima oleh Kepala Dinas (Kadis) Diskominfo Aldy Setiawan Gobel, yang mewakili bupati di Swiss Bell Maleosan Hotel Manado, Kamis (13/12/18).

“Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kepala Biro Organisasi DR Glady Kawatu SH MSi,” jelas Aldy sapaan akrabnya Jumat (14/12/18) via pesan sosial What’s Up.

Pada kesempatan tersebut kata Aldy sapaan akrab untuk Kadis, Ketua KIP Sulut Andre Mongdong mengatakan, penilaian keterbukaan publik merupakan satu diantara indikator untuk mengukur sejauh mana keterlibatan pemerintah daerah dalam penyampaian informasi kepada masyarakat melalui teknologi yang ada.

“Kami mendorong Pemda untuk melakukan terobosan dalam memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat,” ujarnya menirukan pesan Mongdong.

Kata dia, Komisioner KIP Sulut Ready Sumual menjelaskan, penilaian keterbukaan informasi publik dilakukan pada 15 kabupaten/kota di Sulut sejak Agustus sampai November 2018.

Kemudian, sesuai penilaian tersebut, ada enam kabupaten/kota yang masuk nominasi termasuk Bolsel pada posisi ke enam.

“Penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Sulawesi Utara melalui monitoring dan evaluasi dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik kepada 15 Kabupaten/kota, berdasarkan penilaian yang dilakukan selama bulan Agustus sampai dengan November 2018,” ujar Sumual.

Perlu diketahui peringkat pertama Kota Manado, kedua Kabupaten Kepulauan Sangihe, ketiga Kota Kotamobagu, keempat Kabupaten Mitra, kelima Kota Bitung, dan keenam Kabupaten Bolsel.

Keenam kab/kota peraih award masuk dalam kategori ‘Menuju Informatif’. (Jas)

Sumber berita : tomini.news