Today : Wed, 16 Jan 2019

Bupati Sebut Musrenbang RPJMD Harus Memberi Banyak Manfaat Bagi Masyarakat  Post By @admin   18/12/2018 - 4 minggu lalu

BOLSEL - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, menyebut, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Hal tersebut, diutarakan oleh bupati saat membuka Musrenbang perubahan kedua RPJMD tahun 2016-2021 di Kantor Desa Popodu Kecamatan Bolaang Uki, Senin (17/12/18).

Selain itu kata bupati, Musrenbang RPJMD perubahan akan mampu menghasilkan perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, evaluasi rencana pembangunan daerah.

“Kegiatan ini penting, karena perubahan RPJMD itu hanya dua kali perubahan. Ini adalah program pemerintahan H2M Bersinar yang sudah kita canangkan sejak terpilih,” ujar Iskandar.

Kata dia lagi, kegiatan ini merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Pembangunan yang dilaksanakan masyarakat dan dunia usaha, disusun dalam rangka menjawab sekaligus sebagai acuan pemerintah.

RPJMD juga merupakan dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang dan jangka menengah yang merupakan penjabaran dari visi misi dan program yang memuat arah kebijakan keuangan daerah.

Kemudian strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program OPD dan program kewilayahan disertai dengan rencana kerja.

“Nah, RPJMD menjadi acuan dalam penyusunan rencana strategis (Renstra) satuan kerja perangkat daerah dengan senantiasa mengacu pada dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah,” tandas Kamaru.

Sementara itu Kepala Bappelitbang Bolsel Harifin Matulu menjelaskan, kegiatan ini adalah tindaklanjut atas perubahan kedua atas RPJM untuk tahun 2016-2021.

Menurut mantan Asisten III, kegiatan ini juga dalam rangka untuk singkronisasi lintas sektor, lintas SKPD.

“Perubahan RPJMD melalui proses tahapan sesuai dengan pedoman Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJMD serta tata cara perubahan rencana RPJPD dan RKPD,” ujar Harifin.

“Mudah-mudahan lewat kegiatan Musrenbang pada hari ini, akan dapat meningkatkan semangat pelayanan publik oleh satuan kerja perangkat daerah. Demikian pula dengan harapan ke depan agar RPJMD Kabupaten Bolsel padasaat ditetapkan menjadi peraturan daerah,” harapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Dekab Haji Abdi Van Gobel, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin, Perwira penghubung, para pimpinan OPD, BUMD, camat serta para sangadi. (Jas)

 

Sumber berita : tomini.news