Today : Sun, 26 May 2019

Desa Milangodaa Utara Bolsel Lirik Potensi PLTMH  Post By Angga   17/03/2019 - 2 bulan lalu

Pemerintah Desa Milangodaa Utara, Kecamatan Tomini coba memanfaatkan aliran sungai yang ada untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Kegiatannya sudah jalan.

Saat ini tengah dilakukan survei oleh pihak konsultan (tenaga ahli).

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Deky Paputungan, melalui Sekretaris Dinas PMD Muhammad Basri Sutrimo, ketika ditemui awak media, Sabtu (16/03/2019).

 

Dikatakannya, kegiatan perencanaan sampai survei biayanya ditata lewat APBDes. "Sampai pada pelaksanaannya nanti pembiayaan lewat APBDes. Sebab, program ini dikelola di desa," terang Basri.

Dikatakannya, jika saja hasil survei dinyatakan layak, kemudian PLTMH tersebut terealisasi, tentunya ini akan memberikan trend baru di Milagodaa Utara.

"Apalagi jika PLTMH itu nantinya bisa memenuhi kebutuhan listrik desa-desa tetangga, pasti akan lebih baik," ucapnya.

Satu di antara dampak positif jika Perencanaan Infrastruktur Desa (PID) Milangodaa Utara ini sukses adalah Pendapatan Asli Desa. "Mungkin ke depan bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa (PMD), Ronal Ismail. Menurutnya, jika PLTMH ini terealisasi, sangat menjanjikan bagi masyarakat Desa Milangodaa Utara dan secara umum Kecamatan Tomini.

"Kita berharap ini bisa teralisasi karena sejauh ini informasi sementara yang kami terima, potensi PLTMH sangat baik," ujarnya.

 

Di sisi lain, dia menuturkan bahwa PLTMH ini perlu didorong terus untuk menciptakan desa mandiri.

Sumber : manado.tribunnews.com