Today : Sat, 20 Jul 2019

Lewat Papan Informasi DLH Bolsel Ingatkan Masyarakat Agar Tidak Membuang Sampah ke Dalam Aliran Sungai  Post By bowo   25/06/2019 - 4 minggu lalu

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan memasang kurang lebih 35 unit papan informasi yang berfungsi untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga, merawat lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas DLH Bolsel, Roi Mamonto, Kamis (20/6/2019).

Kata dia, papan ini akan berfungsi untuk mengingatkan masyarakat setiap saat agar tidak membuang sampah sembarangan serta merusak alam sekitar.

“Yang kami tekankan adalah larangan membuang sampah ke sungai. Makanya papan ini akan kami pasang di dekat sungai,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat pesan bupati agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah yang berdampak pada pencemaran lingkungan sampai ke laut.

Tambahnya, untuk tiga kecamatan yang akan dipasangi papan informasi lingkungan diantaranya Kecamatan Bolaang Uki, Helumo, dan Pinolosian.

“Karena di Bolsel banyak sungai yang mengarah ke laut, jadi kami ingin masyarakat sadar kebersihan dan tidak buang sampah ke sungai yang nanti akan hanyut ke laut,” jelasnya.

Kata dia, sampah khususnya berbahan plastik saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Sebab mudah mencemari laut dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses daur ulang.

“Karena bahayanya bisa kembali pada manusia itu sendiri,” ungkapnya.

 

 

 

SUMBER : TOMINI.NEWS

Editor : Felix Tendeken