Today : Tue, 22 Oct 2019

Bupati Bolsel Pimpin Acara Moloopu di Kecamatan Tomini  Post By bowo   25/06/2019 - 4 bulan lalu

Hari ini Senin (24/6/2019) bertempat di Desa Milangodaa di Kantor Camat Tomini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan adat moloopu (pisah sambut) Camat Tomini.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan hari ulang tahun (HUT) Kecamatan Tomini ke-3 serta Halalbihalal 1440 Hijriyah dan berlangsung dengan meriah.

Acara ini dipimpin langsung oleh Bupati Iskandar Kamaru S.Pt didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid dan Sekretaris Daerah (Sekda) Marzansius Arvan Ohy S.STP.

Kemudian dihadiri oleh Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel, Ketua LPTQ Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Haji Herson Mayulu (H2M), Camat Tomini Fice Nur, Kapolsek Posigadan Iptu Pol Sujianto, Pimpinan OPD, Sangadi, aparat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para undangan.

Acara diawali dengan sambutan secara adat oleh masyarakat kepada Bupati Bolsel kemudian pisah sambut Camat Tomini yang diwarnai dengan tarian adat Gorontalo.

Ketua LPTQ Sulut Haji Herson Mayulu pada kesempatan tersebut dalam sambutannya mengucap syukur Alhamdulillah bisa berkumpul di Kevamatan Tomini dalam acara molopu dan HUT yang ke tiga.

“Selamat kepada Camat Tomini yang baru,” ucap H2M.

Pada kesempatan tersebut Ketua LPTQ menceritakan asal-usul Kecamatan Tomini serta makna dari Halalbihalal yang dilaksanakan rutin oleh umat Muslim setelah hari raya Idulfitri.

“Melalui kegiatan ini kita bisa saling memaafkan antar sesama, kita saling mempererat tali silaturahim, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bolsel,” ujar H2M yang juga merupakan mantan Bupati Bolsel dua periode.

Calon anggota DPR RI terpilih ini berharap melalui momentum ini kita bisa menjalin tali silaturahmi antar sesama umat beragama.

“Agar masyarakat di Bolsel tidak saling menaruh dendam dan saling menjatuhkan antar sesama, ” jelasnya.

Sementara itu Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S.Pt dalam sambutannya mengucap syukur karena rahmat Tuhan bisa berkumpul di tempat ini dalam kegiatan molopu Camat Tomini.

“Meski baru berusia tiga tahun, Kecamatan Tomini sudah mampu bersaing dengan kecamatan yang lain,” ujar Bupati.

Kata Bupati berprestasi ini, pergantian camat itu merupakan hal yang biasa dalam pemerintahan.

“Bapak Suprin Mohulangio (mantan Camat Tomini) merupakan aset Bolsel yang sangat dibanggakan,” ujar Bupati kemudian mengucapkan selamat kepada Camat yang baru yaitu Fice Nur.

Pada kesempatan tersebut berbagi hal disampaikan oleh Bupati, satu diantaranya adalah pembuatan pasar dan tanggul pantai.

Perlu diketahui kegiatan Halalbihalal dan HUT Tomini merupakan agenda tahunan. Terlaksana ats kerjasama anatara Sangadi, pemerintah, dan masyarakat se-Kecamatan Tomini.

 

 

 

SUMBER : TOMINI.NEWS

Editor : Felix Tendeken