Today : Sat, 21 Oct 2017
 
LAUNCHING IN
HARI
JAM
MENIT
DETIK

GAMBARAN UMUM WILAYAH

Geografis, Administratif, dan Kondisi Fisik

 

Secara Geografis Kabupaten Bolaang Mongondow selatan terletak diantara 00°22" 545"" LU dan 123°28" 59,2""BT. Adapun batas-batas  wilayah administrasi sebagai berikut:

  • Sebelah Utara ; Di bagian utara berbatasan dengan Kecamatan Dumoga Barat dan Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.
  • Sebelah Timur ; Di bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Lolayan kabupaten Bolaang Mongondow dan Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
  • Sebelah Barat ; Di bagian barat berbatasan dengan kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Provinsi Gorontalo.
  • Sebelah Selatan ; Di bagian selatan berbatasan Teluk Tomini

Kondisi fisik  yang relative iklim tropis, hari suhu 20°C - 32°C dengan curah hujan rata-rata 1500Mn. Sementara itu jumlah hari curah hujan rata-rata sebanyak 95 hari. Topografi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah bervariasi antara dataran dan perbukitan.Topsoil tanah  cukup subur dan dilintasi oleh 109 sungai dan banyak anak sungai yang merupakan sumber air,baik untuk mikro hidup,air pertanian maupun air bersih.

Kabupaten Bolaang mongondow Selatan mempunyai topografi wilayah berupa bukit-bukit/pegunungan dengan ketinggian dari 0 sampai dengan 1.534 meter dari permukaan laut,panjang pantai 294 Km dan sebagian kecil adalah dataran rendah bergelombang serta memiliki sungai-sungai utama, sedang dan kecil.Sementara wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah 3.497,46 Km² yaitu wilayah daratan 1.615,86 Km² dan wilayah laut 1.881,60 Km².